Tempat Wisata Terpopuler di Gorontalo Sulawesi

Tempat Wisata Terpopuler di Gorontalo Sulawesi. Sebelum mengenal tempat wisata di Gorontalo sebaiknya kita melihat sekilas tentang Provinsi Gorontalo. Seperti dilansir Wikipedia Gorontalo adalah sebuah provinsi di Indonesia. Sebelumnya, semenanjung Gorontalo (Hulontalo) merupakan wilayah Kabupaten Gorontalo dan Kota Madya Gorontalo di Sulawesi Utara. Seiring dengan munculnya pemekaran wilayah berkenaan dengan otonomi daerah di Era Reformasi, provinsi ini kemudian dibentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 38 Tahun 2000, tertanggal 22 Desember 2000 dan menjadi Provinsi ke-32 di Indonesia. Ibukota Provinsi Gorontalo adalah Kota Gorontalo (sering disebut juga Kota Hulontalo) yang terkenal dengan julukan "Kota Serambi Madinah".

Gorontalo tentunya memiliki destinasi wisata yang sangat menarik. Dengan topografi yang di dominasi oleh daerah perbukitan tentu memiliki objek wisata yang indah. Nah dari pada penasaran yuk kita lihat tempat wisata yang populer di Gorontalo.

Wisata Alam

1. Pantai Bolihutua

Pantai Bolihutua gorontalo
sumber foto : backpackgo.net
Pantai Bolihutua memiliki pasir yang berwarna putih dengan pagar pohon pinus yang rindang serta menjulang tinggi. Pantai ini sangat terkenal di provinsi Gorontalo dan selalu ramai pengunjung, baik itu dari wisatawan lokal maupun mancanegara. Para wisatawan datang ke pantai Bolihutua untuk menikmati keindahan pantai landai disepanjang teluk Tomini Pantai Bolihutua, yang dikenal dengan Pantai Boalemo Indah, karena lokasinya berada di Kabupaten Boalemo, 100 Km sebelah barat Kota Gorontalo.

2. Taman Laut Olele


Taman Laut Olele gorontalo
foto: viva.co.id
Untuk para pecinta keindahan bawah laut, dapat berkunjung ke taman laut Olele. Taman Laut Olele berada di Desa Olele Kec. Kabila Bone ± 20 Km dari Kota Gorontalo. Disini Anda dapat bermain snorkling untuk melihat keindahan pemandangan taman bawah laut.  Taman Laut Olele dikatakan lebih alami di banding dengan taman laut lain yang ada di Indonesia.

3. Pulau Bitila
foto : masdonie.blogspot.com
Pulau Batila merupakan salah satu wisata bahari. Pulau ini tidak berpenghuni dan memiliki keindahan yang luar biasa menarik para wisatawan domestik juga mancanegara. Pulau Bitilia tidak begitu luas namun mempunyai keindahan dan vegetasi yang kaya sehingga terlihat rimbun dan terasa sangat sejuk. Sepanjang garis pantai terbentang pasir putih yang indah yang menambah keindahan pulau ini.

Baca Juga : Pesona Pantai Tebing Tersembunyi Apparalang Bulukumba Sulawesi Selatan
                     2 Air Terjun Cantik Yang Ada di Madura
4. Pentadio Resort Danau Limboto

Pentadio Resort Danau Limboto gorontalo
foto: pariwisata.frontroll.com

Pentadio Resort merupakan tempat wisata yang berada di sekitar Danau Limboto. Di resort ini Anda bisa istirahat dan menghabiska waktu liburan selama di Gorontalo. Luas danau ini sekitar 14 hektar dan terdapat sumber air panas yang sering dijadikan sebagai tempat rekreasi favorit keluarga. Danau limboto ini terletak di kawasan Pentadio Resort dan selalu ramai setiap akhir pekan.


5. Air Terjun Ayuhulalo



Air Terjun Ayuhulalo gorontalo
foto:kidnesia.com
Di gorontalo juga terdapat wisata air terjun yaitu Air terjun Ayuhulalo. Air terjun ini menawarkan pemandangan yang indah dan asri. Wisata ini terletak sekitar 17 Km dari pusat kota Gorontalo, di Desa Ayuhulalo, sekitar 8 Km dari Tilamuta. Kec. Tilamuta. Untuk berkunjung ke tempat wisata ini dapat ditempuh menggunakan kendaraan laut maupun darat.

6. Taman Nasional Bogani Nani Wartabone


Taman Nasional Bogani Nani Wartabone gorontalo
foto: masdonie.blogspot.com
Tempat wisata Bogani Nani Wartabone memiliki aneka ekologi yang langka. Disini merupakan taman rekreasi untuk menikmati keindahan alam dengan suasana pepohonan dan kali yang indah. Secara geografi kawasan ini terletak diperbatasan peralihan geografi daerah Indomalayan di sebelah Barat, Papua-Australia sebelah Timur (Wallaceae Area). Dikawasan cagar alam ini banyak terdapat jenis anggrek, serta aneka tanaman hias dan bunga bangkai. 

Wisata Sejarah

7. Benteng Danau Limboto Otanaha

Benteng Danau Limboto Otanaha gorontalo
foto: gocelebes.com
Di Gorontalo juga terdapat tempat wisata sejarah yaitu Benteng danau Limboto Otanaha. Terletak di desa sebelah barat kota, daerah Dembe I, sekitar 8 Km dari kota Gorontalo. Benteng ini memiliki ciri khas arsitektur eropa. Temboknya sangat kokoh, dengan model pintu dan jendela yang tinggi. Benteng ini merupakan bangunan sejarah peninggalan kolonial Belanda. Sehingga sampai saat ini tempat ini masih dijaga dan dilestarikan sebagai tempat wisata.


8. Rumah Adat Gorontalo

Rumah Adat Gorontalo
foto:bunggo.ung.ac.id
Wisata sejarah lainnya adalah Rumah Adat Gorontalo. Bagi anda yang tertarik akan sejarah, sebaiknya juga mengunjungi Rumah Adat ini. Di Gorontalo juga terdapat 2 jenis rumah adat, yaitu rumah adat Bandayo Poboide dan Dulohupa. Bentuk dari Bandayo Poboide dapat dilihat seperti rumah adat yang ada di depan Kantor Bupati Gorontalo. Sedangkan bentuk Dulohupa dapat dilihat bangunannya seperti balai desa di Kelurahan Limba U2, Kec. Kota Selatan, Gorontalo.

9. Tangga 2000 dan Jejak Kaki Lahilote

Tangga 2000 dan Jejak Kaki Lahilote gorontalo
foto:jalanjalanyuk.com
Wisata tangga 2000 dan juga jejak kaki Lahilote menyimpan cerita legenda masyarakat gorontalo. Terdapat sebuah batu yang berukuran besar nampak seperti jejak kaki manusia, menurut cerita, “Lahilote” merupakan jejak kaki seorang pria menikah dengan seorang malaikat yang jatuh ke bumi. Disini juga Anda dapat menikmati pemandangan indah danau Tomini.

10. Menara Mulia

Menara Mulia gorontalo
trafelblog.ticktab.com

Jika anda ingin melihat keindahan danau limboto dari ketinggian, anda dapat menaiki Menara Kemuliaan. Diatas puncak menara ini anda melihat pemandangan dengan menggunakan teleskop dari ketinggian 60 meter. Tidak hanya itu, di dalam Menara Mulia terdapat cindera mata dan beberapa restoran dengan kuliner khas Gorontalo.
Sumber : http://wisataindah88.blogspot.co.id

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »