3 Tempat Menarik di Solo Jawa Tengah

Tempat Menarik di Solo - Solo merupakan kota dengan budaya dan tempat wisata yang beragam. Terdapat banyak pilihan tujuan wisata saat Anda berkunjung ke Solo, mulai dari museum, pusat batik, air terjun, candi dan masih banyak lagi yang lainnya. Nah di bawah ini dalah tiga termpa menarik di Solo yang patu Anda kunjungi :

3 Tempat Menarik di Solo Jawa Tengah

3 Tempat Menarik di Solo Jawa Tengah

Istana Mangkunegaran

Tempat wisata di Solo yang pertama ada Istana Mangkunegaran. Setelah perpecahan mereka dari Kesultanan Mataram, orang Sunda Surakarta menghadapi satu lagi cobaan perang saudara yang akan memecah kerajaan lebih jauh menjadi dua. Ini karena penguasa Surakarta saat itu, Pakubuwono II dan III, berpihak pada penjajah Belanda selama konflik Yogyakarta-Surakarta. Sebagian besar penduduk Indonesia saat itu membenci Belanda karena sikap mereka yang menindas dan kejam terhadap penduduk setempat.

Raden Mas Said, seorang bangsawan di Surakarta yang juga relatif jauh dari Pakubuwono II, bangkit dan memimpin penduduk setempat untuk melawan penindas Belanda dan Sunan Surakarta. Perwakilan Belanda Nicolaas Hartingh memberikan julukan Pangeran Sambernyawa, yang secara harfiah diterjemahkan ke pangeran yang hidup, kepada Raden Mas Said atas kehebatannya dalam pertempuran selama konflik berdarah. Perang sipil ini berakhir dengan perjanjian Salatiga, yang mengakui R.M. Dikatakan sebagai penguasa daerah otonom Mangkunegaran yang baru terbentuk. Dia mengambil sebuah gelar Mangkunegara I dan memerintah rakyatnya dengan kebijaksanaan dan tata cara yang masuk akal.

Pada masa pemerintahannya, ia membangun istana baru di kota Solo untuk menandakan perbedaan antara dia dan penguasa sebelumnya Pakubuwono. Inilah sebabnya mengapa ada dua istana atau Kraton di kota Solo, satu milik keluarga Pakubuwono, dan yang lainnya milik keluarga Mangkunegara. Istana Mangkunegaran indah dan megah seperti Istana Kasunanan. Dibangun pada 1757 dan menawarkan ruang penonton megah atau pendopo yang dianggap sebagai pendopo terbesar di Indonesia.

Rumah Danar Hadi

Rumah Danar Hadi, juga dikenal sebagai Museum Batik Danar Hadi, merupakan kompleks warisan budaya Jawa yang terpadu. Daya tarik utama disini jelas sejarah batik dalam segala aspek budayanya termasuk proses pembuatan batik. Museum ini menawarkan koleksi tekstil khas ini dari berbagai periode dan lokasi. Beberapa koleksi barang antik dan berasal dari luar negeri. Beberapa dibuat secara lokal dengan pola khas yang berbeda dari satu wilayah ke wilayah lainnya. Tapi semuanya benar-benar menakjubkan, karena setiap pola batik menggambarkan atau dipengaruhi oleh sesuatu atau seseorang. Dengan demikian, masing-masing keindahan kerajinan tangan ini sering memiliki makna atau cerita di balik pembuatannya.

Baca Juga : Pemandangan Alam Indonesia yang Memukau Mata

Sejarah Danar Hadi sendiri dimulai pada tahun 1967 saat H. Santosa Doellah dan istrinya, Hj. Danarsih Santosa mulai membuat bisnis batik. Nama Danar Hadi berasal dari nama istrinya, Danarsih, dan nama ayahnya, H. Hadipriyono. Seiring berjalannya waktu, bisnis mereka menjadi sangat sukses sehingga mereka memutuskan untuk membuka museum pada tahun 2008 untuk menampilkan koleksi mereka. Ini terkenal sebagai yang terbaik di Indonesia, dengan lebih dari 10.000 buah kain batik yang mengesankan dari berbagai era. Ini adalah tempat yang tepat untuk mempelajari perbedaan antara pola khas batik dan sumber aslinya.

Taman Sriwedari

Taman Sriwedari merupakan pusat warisan budaya dan fasilitas rekreasi. Dulu, keluarga kerajaan menggunakan taman tersebut sebagai sumber hiburan dalam bentuk pertunjukan wayang tradisional yang disebut Wayang, terkadang dengan tarian teater tradisional. Pertunjukan wayang atau Wayang adalah seni Jawa kuno yang berhubungan erat dengan era Hindu-Buddha dalam sejarah Indonesia. Dengan demikian, sebagian besar pertunjukan ini menampilkan tema yang diadaptasi dari sumber seperti Mahabharata, Ramayana, dan mitos dan legenda Hindu lainnya.

Wayang sendiri terbagi dalam beberapa kategori, yaitu wayang kulit atau wayang kulit wayang wong wayang gedog atau masker wayang golek dan banyak lagi. Pertunjukan wayang yang paling menonjol di Taman Sriwedari adalah wayang wong atau wayang orang, yang mempekerjakan orang sungguhan yang melakukan pertunjukan teater dan tarian. Taman ini masih menampilkan pertunjukan wayang reguler sampai hari ini. Di zaman modern, taman ini juga menyediakan tempat wisata lainnya seperti taman bermain anak-anak dan food court.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »