Khasiat dan Manfaat Buah Sawo

Khasiat dan Manfaat Buah Sawo
Khasiat dan Manfaat Buah Sawo
Khasiat dan Manfaat Buah Sawo

Kandungan, Khasiat dan Manfaat Buah Sawo
Untuk Mengatasi Sembelit dan Mencegah Kanker

Kandungan, Kandungan, Khasiat dan Manfaat Buah Sawo – Sawo berasal dari Amerika Tengah dan Meksiko. Di India, Sri Lanka, Filipina, Meksiko, Venezuela, Guatemala, dan Amerika Tengah, buah sawo sudah dibudidayakan secara komersial. Di Indonesia, sawo umumnya dibudidayakan sebagai tanaman pekarangan untuk dinikmati buahnya, terutama di daerah Sumatera, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Nusa Tenggara Barat.
Buah sawo matang biasanya dikonsumsi dalam keadaan segar. Rasa getahnya masih sering melekat pada mulut. Dalam kondisi matang, buah ini dapat dibuat menjadi minuman segar atau sebagai campuran es krim. Namun, hal tersebut belum diusahakan secara komersial.

JENIS-JENIS BUAH SAWO
Sebelum mengulas manfaat buah sawo, ada baiknya kita mengenal jenis-jenis sawo itu sendiri. Buah sawo memiliki 7 spesies, yaitu :
·         Sawo manila (Achraz Zapota)
·         Sawo hijau (Chrysophillum Cainito)
·         Sawo hitam (Diospyros Digyna)
·         Sawo hitam (Diospyros Nigra)
·         Sawo kecik (Manilkara Kauki)
·         Sawo manila (Manilkara Zapota)
Yang masing-masing spesiesnya memiliki kerabat dekat sendiri-sendiri, misal: sawo hitam (Diospyros Digyna) berkerabat dekat dengan buah Semek (Diospyros kaki Thunb), Culiket (Diospyros malabarica (Descr.) Kostel.) dan buah mentega (Diospyros blancoi A. DC.), namun masih belum ada penelitian yang pasti apakah manfaat buah sawo satu dengan jenis yang lainnya berbeda.

KANDUNGAN BUAH SAWO
Buah sawo memiliki kandungan mineral cukup baik. Kandungan kaliumnya,193 mg/100 g. Sawo juga memiliki kadar natrium, 12 mg/100 g. Perbandingan kandungan kalium dan natrium yang mencapai 16:1 menjadikan sawo sangat baik untuk jantung dan pembuluh darah. Selain kaya akan kalium, sawo juga mengandung sejumlah mineral penting lainnya.

Kandungan mineral per 100 gram buah sawo :
·         Kalsium :  1 mg
·         Magnesium : 12 mg
·         Fosfor : 12 mg
·         Selenium : 0,6 mg
·         Seng : 0,1 mg
·         Tembaga : 0,09 mg
·         Vitamin c : 14,7 mg
Konsumsi 100 gram sawo dapat memenuhi 24,5 persen kebutuhan tubuh akan vitamin C setiap hari. Vitamin C dapat bereaksi dengan berbagai mineral di dalam tubuh. Vitamin C berperan penting dalam metabolisme tembaga. Selain itu, konsumsi vitamin C dalam jumlah cukup dapat membantu meningkatkan penyerapan zat besi. Vitamin C juga dapat berinteraksi dengan berbagai vitamin lain, seperti vitamin E yang berfungsi sebagai antioksidan. Buah sawo juga mengandung asam folat, 14 mkg/100 g. Asam folat diperlukan tubuh untuk pembentukan sel darah merah. Asam folat juga dapat membantu pencegahan terbentuknya homosistein yang sangat berbahaya bagi kesehatan.

KHASIAT DAN MANFAAT BUAH SAWO
Beberapa manfaat buah sawo bagi kesehatan kita, yaitu :
1. Buah ini juga merupakan sumber serat yang baik sehingga bisa membantu mengatasi sembelit. Seratnya juga membantu melindungi selaput lendir usus besar kita dari racun penyebab kanker.
2. Sawo banyak mengandung vitamin antioksidan seperti vitamin C (24,5% dari asupan harian yang dianjurkan per 100 g buah) dan vitamin A. Vitamin A penting untuk penglihatan. Hal ini juga diperlukan untuk menjaga selaput lendir sehat dan kulit.
3. Buah sawo manila yang telah matang mengandung mineral seperti tembaga, besi, kalium, serta vitamin A dan C. Ada pula niacin, folat, dan sebagainya. Semua itu membantu tubuh dalam meningkatkan sistem kekebalan.
4. Adapun efek antiinflamasi sawo manila bermanfaat untuk mengatasi masalah seperti gangguan gastritis dan usus.

Demikian "Khasiat dan Manfaat Buah Sawo"

Baca Juga  : 



Share this

Related Posts

Previous
Next Post »